PROPOSAL
USAHA
“
TOKO DISTRO “
Nama
: Herry Anugrah Arapenta Ginting
Kelas
: XII Mesin
SMK
PIRI SLEMAN
Jln. Kaliurang Km 7,8 Yogyakarta
Daftar Isi
Kata
Pengantar…………………………………………………………………i
Daftar
isi…………………………………………………………………...........ii
Bab I : Pendahuluan
a. Riwayat
usaha (Latar belakang)…………………………………………………1
b. Visi
dan Misi Usaha……………………………………………………………...2
c. Tujuan
usaha……………………………………………………………………..3
d. Jenis
produk……………………………………………………………………...3
Bab II : Aspek pemasaran
a. Lingkungan
usaha………………………………………………………………..4
b. Kondisi
pasar……………………………………………………………….……4
c. Rencana
pemasaran…………………………………………………………..….5
Bab III : Aspek produksi
a. Lokasi
usaha………………………………………………………………….….6
b. Penetapan
Harga……………………………………………………………..…..7
c. Sumber-sumber
Produk / Bahan……………………………………………….. 8
d. Produk
yang dihasilkan……………………………………………………….…8
e. Biaya
proses produksi per tahun………………………………………………...9
f. Tenaga
kerja……………………………………………………………………...9
Bab IV : Aspek keuangan
a.
Perencanaan Laba Rugi ………………………………………………………...10
b. Biaya
investasi…………………………………………………………………..11
c.
Harga produk…………………………………………………………………….11
d.
Model dan design produk……………………………………………………......11
Bab V : Penutup
a. Kesimpulan………………………………………………………………………12
b. Penutup
…………………………………………………………………………..12
c. Lampiran………………………………………………………………………....12
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat serta karunia-Nya kepada saya.
Sehingga saya dapat menyelesaikan
proposal usaha ini yang dengan tepat pada waktunya. Yang dimana proposal usaha
ini bernama “Gisel Distro”
Proposal ini berisikan tentang bagaimana cara kita
untuk membuka suatu bidang usaha. Yang dimana semua tentang cara – cara untuk
menentukan lokasi sampai dari modal usaha akan di bahas secara detail.
Diharapkan
proposal ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang cara untuk
membuka suatu usaha. Saya menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari
sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat
membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan proposal ini.
Akhir
kata, saya sampaikan terima kasih kepada
semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan proposal ini dari awal
sampai akhir. Semoga Tuhan senantiasa
melindungi kita semua dari segala usaha kita. Amin.
Sleman, Februari 2012
Bab
I : Pendahuluan
a. Riwayat usaha (Latar
belakang)
Sebelum kita memulai usaha yang lagi gila-gilanya
di berbagai kota ini setidaknya kita mengetahui latar belakang berkembanganya
distro di indonesia dan mengetahui unsur-unsur apa sajakah yang di perlukan
dalam membangun usaha ini. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa keunggulan
desain dan kualitas produk merupakan unsur utama yang sangat menentukan daya
saing suatu produk manufaktur di era perdagangan global dewasa ini. Tanpa
dikuasainya kedua unsur itu, maka dapat dipastikan suatu produk manufaktur akan
sulit bersaing di pasar, baik di pasar domestik, maupun di pasar internasional.
Bahkan, sangat mungkin terjadi produk tersebut akan benar-benar tersingkir dari
arena persaingan pasar.
Keunggulan
kreatifitas dan inovasi di bidang disain dan kualitas produk sangat
dimungkinkan karena kebanyakan para pengusaha muda itu umumnya memiliki latar
belakang pendidikan di bidang seni dan desain. Beberapa diantara mereka adalah
sarjana seni dan desain jebolan dari perguruan tinggi terkemuka di kota
Jogjakarta, tetapi tidah mustahil juga mereka yang memiliki usaha ini tidak
dari sarjana-sarjana yang disebutkan di atas tadi. Mereka memfokuskan diri dan
menekuni industri distro untuk aneka produk pakaian yang terkait dengan gaya
hidup anak muda dan remaja mulai dari pakaian jadi, baju kaos, jaket dan celana
dan pernak-perniknya pin, gantungan kunci, topi, sepatu, tas, dompet dan ikat
pinggang.
Namun justru
dengan mengandalkan kreatifitas dan inovasi desain produk itulah, kalangan
pebisnis distro dapat meraih nilai tambah yang cukup tinggi dengan memperoleh
harga di atas harga jual rata-rata produk sejenis yang dipasarkan di departmen
store atau outlet pakaian lainnya. Namun konsumen sendiri merasa puas dengan
produk distro karena memiliki desain dan merek yang eksklusif. Bahkan dengan
keeksklusifannya itu, desain desain pakaian yang dihasilkan distro sedikit
banyak kini sudah menjadi trend setter dalam dunia fashion di tanah air.
b.
Visi dan Misi Usaha
Ø Visi
1.
Menjadikan perusahan kaos distro terbaik yang senatiasa mampu bersaing dan
tumbuh berkembang dengan sehat.
2.
Sebagai jasa media promosi yang handal di berbagai sarana media di sklala
internasional.
Ø Misi
1. Menghasilkan laba yang pantas yang untuk
mendukung pengembangan perusahaan serta memberikan deviden yang memuaskan bagi
para pelanggan.
2.
Memproduksi berbagai jenis kaos yang terkait dengan kebutuhan masyarakat dengan
mutu terbaik , harga dan pasokan yang berdaya saing tinggi mmelalui pengolahan
yang profesional demi kepuasan pelanggan.
3.
Memberi penghargaan kepada teman melalui kesejahteraan yang memadai, penyediaan
lingkungan kerja yang aman,memberi kesempatan untuk pengembangan karier serta
melakukan.
4.
Menjalin kemitran kerja sama dengan pemasokdan penyalur yang saling
menguntungkan.
5.
Memberikan perhatian yang tulus kepada
masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja dan dukungan pembinaan sosial.
c. Tujuan usaha
usaha
distro ini di buat terkhusus bagi anak muda. Yang dimana style anak muda
sekarang semakin berkembang. Mengikuti perkembangan tersebut timbul sebuah ide
gagasan untuk membuat sebuah usaha distro. Yang dimana menyediakan kebutuhan
gaya anak muda zaman sekarang. Dengan design yang kagi trend di kalangan anak
muda sekarang.
Disini
juga kami ingin memberikan fasilitas seperti produk import, dari berbagai jenis
merk yang terkenal dengan harga yang sepadan dengan kualitas produk yang kami
sediakan. Kami juga ingin memberikan suatu insfirasi dari design yang kami buat
sendiri. Memberikan kualitas produk yang bagus adalah salah satu tujuan dari
distro saya ini.
d. Jenis produk
jenis produk
yang ingin saya buat adalah yang sesuai dengan trend anak muda sekarang. Yang
terkhusus bagi para mahasiswa. Kami ingin memberikan jenis produk mulai dari
pakaian jadi, baju kaos, jaket dan celana dan pernak-perniknya pin, gantungan
kunci, topi, sepatu, tas, dompet dan ikat pinggang. Kami berusaha keras untuk
memberikan produk yang beda dengan produk di pasaran murah. Produk distro ini
akan memberikan kualitas dan design yang beda dengan produk yang ada di pasaran
murah. Sehingga para pembeli akan merasa puas dengan apa yang telah di belinya
Bab
II : Aspek pemasaran
a. Lingkungan usaha
Sengaja saya memilih lingkungan
usaha yang ramai penduduk. Dengan tingkat perekonomian yang sangat memadai.
Dengan melihat situasi dan kondisi lingkungan yang sangat memungkin kan untuk
bersaing secara sehat. Lingkungan yang dekat dengan para mahasiswa seperti
universitas, tujuan tempat wisata.
Lingkungan yang bersih dan bebas
dengan preman – preman akan lebih memudahkan kita di dalam menjalan kan usaha
distro ini. Sehingga kita juga dapat berbaur dengan lingkungan sekitar.
Menjalin hubungan bisnis yang sehat. Ini akan menimbulakan dampak yang sangat
positif demi perkembangan usaha kedepan nya.
b. Kondisi pasar
kondisi pasar yang stabil dengan
keramaian. Sehingga tidak ada yang nama nya hari libur sepi pengunjung. Misal
nya di perkotaan, sehingga masyarakat akan senantiasa banyak yang akan datang.
Peluang kesuksesan pun akan semakin
jelas kelihatan. Kondisi pasar yang selalu ramai baik dari lingkungan setempat
maupun dari luar kota.
Tingkat keamanan usaha kita pun
terjamin dengan ada nya lingkungan yang baik. Dekat dengan kantor polisi,
sehingga para preman maupun orang-orang yang ingin merusak tempat usaha kita
akan lebih aman dibandingkan dengan kondisi pasar yang sangat jauh dari kantor
polisi.
c. Rencana pemasaran
Rencana pemasaran usaha distro ini
melalui berbagai cara yang diantara nya :
·
Dekat dengan target market.
Target
utama pemasaran dekat dengan konsumen. Sehingga dengan mudah kita mempromosikan
produk yang kita miliki.
·
Mudah di akses
Tempat yang mudah di akses oleh masyarakat
akan membuka usaha kita lebih maju. Sehingga memudahkan pelanggan untuk
mengunjungi toko distro kita.
·
Melalui internet
Internet adalah salah satu tempat kita
untuk memasaran produk kita. Sehingga para pelanggan bisa melihat produk baru
yang kita miliki melalu internet. Baik melalui website yang kita punya, atau
pun situs jejaring sosial.
·
Browsur iklan
Salah satu tempat yang paling cocok untuk
mempromosikan produk yang kita punya. Baik melalui iklan koran. Ataupun dengan
iklan di majalah remaja. Itu sangat bagus untuk promosi produk yang kita
miliki. Ada juga melalui even-even di sekolahan atau pun di kampus.
Bab III : Aspek produksi
a. Lokasi usaha
Dalam mendirikan distro kita harus mencari
tempat yang strategis, karena pada umum nya sebagian konsumennya anak muda maka
sebaiknya distro dibangun atau didirikan di tempat yang biasa anak muda sering
berkumpul. Dengan cara ini tentu distro yang didirikan akan menarik
perhatian bagi para anak muda tersebut dan kemudian mengunjungi distro
tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak menggunakan internet untuk
mempromosikan distronya. Blog dan situs pertemanan sering digunakan untuk
memperkenalkan distro yang dia dirikan kepada orang-orang. Selain itu
mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup efektif. Apalagi distro
merupakan tempat anak-anak muda berkumpul, pasti mereka akan memberi tahu
kepada temannya untuk mengunjungi distro tersebut.
Lokasi yang sedang saya incar di tempat perkota’an.
Terkhusus di daerah yang ramai penduduk. Tempat yang strategis dekat dengan
universitas terkenal. Sehingga akan lebih mudah bagi pelanggan untuk
mengunjungi toko distro kita. Dekat dengan tempat wisata terkenal. Sehingga
para turis asing maupun lokal dapat singgah untuk melihat produk-produk baru
yang kita miliki. Lokasi ini lah yang dapat membuka jalan kesuksesan dalam
menjalakan usaha yang sedang kita tekuni.
b. Penetapan Harga
Harga
yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh
masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami
tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang
ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan
selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
> Rp. 89.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp. 90.000,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp. 180.900,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp. 235.800,-
|
5
|
Kerudung
|
> Rp. 69.900,-
|
6
|
Rok
|
> Rp. 109.900,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 199.900,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-
|
·
Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi
intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk
sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam
penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
·
Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi
yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
• Membuat pamphlet-pamflet berisi
produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
•
Melakukan iklan-iklan di dunia
internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
•
Membuat catalog-katalog mengenai
fashion yang sedang uptodate di distro
c. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami
mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti
kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya.
Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak
perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
d. Produk yang
dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat
akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian
dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh
masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun
kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa
keunggulan:
o
Berkualitas
tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o Bermacam-macam bentuk dan ukurannya
dengan style yang uptodate
o Hasil sablon sangat rapi dan tidak
mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan
produk
Sebagai
kebutuhan
sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain
itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o
Harga terjangkau oleh kemampuan
konsumen,
o kualitas produk
terjamin
o sesuai dengan
selera masyarakat
e. Biaya proses produksi per tahun
terdiri dari :
1. Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain
Interior
|
Rp. 20.000.000,-
|
|
Kulakan baju grosir
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Biaya Soft Opening dan Promosi
awal
|
Rp.
5.000.000,-
|
|
Biaya gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 60.000.000
,- +
|
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 685.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain
·
Listrik
Rp. 12.000.000,-
·
Asuransi
Rp. 11.000.000,-
·
Transportasi
Rp. 6.500.000,-
·
Administrasi
Rp. 4.500.000,-
·
Pajak
Rp. 2.750.000,-
·
Pemeliharaan gedung dan
peralatan Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi
Rp. 710.000.000,-
Jumlah biaya
lain-lain
Rp.
42.750.000,-
+
Total
Rp.
667.250.000
f. Tenaga kerja
tenaga kerja yang kita gunakan dalam
distro ini adalah sebagian besar wanita. Di dalam memilih karyawan juga kita
menentukan kriteria yang pas untuk tempat distro kita. Karena postur tubuh yang
ideal akan lebih menarik pelanggan untuk mengunjungi toko kita
Bab IV : Aspek keuangan
a.
Perencanaan
Laba Rugi
·
Biaya
tetap
|
||
1. Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp.
7.000.000,-
|
|
2. Gaji pegawai
|
Rp.
60.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 67.000.000,-
|
|
·
Biaya
variable/ produksi
|
||
Kulakan
baju grosir
|
Rp.
600.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
·
Biaya-biaya
lain
|
||
1.
Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak
|
Rp.
12.000.000,-
Rp.
11.000.000,-
Rp.
6.500.000,-
Rp.
4.500.000,-
Rp.
2.750.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp. 36.700.000,-
|
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 703.700.000,-
|
|
·
Pendapatan
|
||
Penjualan
aneka pakaian dan fashion
|
Rp.
960.000.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
|
Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 256.300.000,-
|
|
b. Biaya investasi
untuk
modal investasi yang akan kami cari melalui orang yang dekat dengan kami. Misal
nya investasi modal dari keluarga. Supaya untuk proses kedepan nya akan lebih
mudah dan menjamin keamanan dalam usaha ini.
c. Harga produk
Dalam menentukan harga barang atau produk yang dijual memang harus disesuaikan
dengan kantong dari konsumennya. Tetapi meskipun biasanya barang-barang yang di
jual di distro harganya agak mahal, tetapi tetap saja tidak mengurangi minat
para anak muda untuk membeli pakaian, celana, atau aksesoris yang mereka
gunakan di distro. Memang gengsi di antara kalangan anak muda mempengaruhi hal
tesebut, tetapi model dan kualitas barang-barang yang ada di distro sangat
sesuai dengan selera para anak muda, sehingga mereka tetap membeli
barang-barang yang ada di distro meskipun harganya mahal. Akan tetapi pemilik
distro harus memperhatikan kualitas dari barang yang dijualnnya, agar harga
yang para konsumen bayar sesuai dengan kualitas barang yang mereka beli.
d. Model dan design produk
Anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka
selalu berusaha mengikuti tren masa kini. Dan model pakaian yang dijual di
distro biasanya mengkuti perkembangan tren masa kini. Seperti model gambar pada
baju misalnya, biasanya distro menjual baju-baju dengan gambar-gambar artistik
yang sangat bagus dan digemari anak-anak muda. Contoh lain baju-baju pada
distro memiliki warna-warna yang menarik dan beraneka ragam. Dengan menyediakan
seperti contoh-contoh di atas tentu para konsumen akan puas dengan
barang-barang yang ada di distro anda.
Bab V : Penutup
a. kesimpulan
proposal usaha ini sangat berguna
bagi para pembaca. Semua data yang kita butuh kan untuk membuka suatu usaha
terkhusus usaha distro telah tercantum di dalam buku proposal saya ini. Semoga
apa yang telah saya tulis dan rencanakan dapat menjadi inspirasi buat para pembaca.
b. Penutup
Demikian proposal usaha ini saya buat, dengan harapan dapat
melaksanakan semua rencana-rencana serta tujuan yang telah saya buat. Mohon
maaf bila ada kesalahan kata-kata atau pun tulisan. Semua kekurangan datangnya
dari saya dan kelebihan datang nya hanya dari Tuhan Yang Maha Esa . saya
ucapkan terima kasih
c. Lampiran
7 Comments
Maaf sebelumnya,, foto lampiran nya apakah memang kosong?
ReplyDeleteTrims
KUNJUNGI TIPS JUALAN ONLINE DI MEDIA INTERNET
ReplyDeletehttp://bit.ly/1XP9gnh
maaf lampirannya emang kosong ya ?????
ReplyDeleteTerimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Peluang Usaha Distro berikut artikel yang terkait tersebut di CARA MEMBUKA PELUANG USAHA JUALAN BAJU DISTRO
ReplyDeleteNB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteStlh baca proposal yg amat mendetail ini, saya jd ingin bisnis distro sendiri.Inspiratif sekali. Well done
ReplyDeleteAssalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
ReplyDeleteData pribadi
negara: Indonesia
Nama: Queen Jamillah
Alamat: Nusa Lembongan
Telepon: +62 856-9328-4991
WhatsApp:+62 856-9328-4991
https://twitter.com/queen_jamillah
e_mail: queenjamillah09@gmail.com
ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.